Minggu, 07 Februari 2021

Pengalaman Menggunakan Tokopedia Ads

Pengalaman Menggunakan Tokopedia Ads



Kali ini penulis akan berbagi pengalaman menggunakan Tokopedia Ads, apakah worth It?. Pada suatu waktu Penulis mendapatkan notifikasi dari Tokopedia bahwa penulis diberi kesempatan untuk mencoba Tokopedia ads dengan budget Rp 500 ribu, nah yang menarik adalah penulis langsung mencoba fitur otomatis mengiklankan semua dagangan penulis (Sebetulnya gak semua sih). Dan ini yang penulis rasakan, banjir orderan, itu penulis coba di bulan september.


Budget yang dihabiskan mencapai Rp 200 ribu saja, dalam kesempatan ini penulis juga mengiklan ads berdasarkan keyword pencarian, nah sebulan kemudian Penulis mencoba dengan modal Rp 100 ribu, alih-alih oerderan banyak, yang ada malah rugi. Penulis gak terlalu paham, apakah memang karena Corona? rasanya gak juga, jualan buku gak begitu pengaruhnya terhadap corona, walaupun setelah mencoba trial tokopedia ads memang jualan penulis memang agak menurun sampai bulan januari 2021. Oh iya penulis mendapatkan trial ini di bulan september kalau gak salah.


Lantas bagaimana pendapat penulis tentang Tokopedia Ads ini? Hmmm Awalnya sih menggembirakan, tapi pas dicoba dengan biaya sendiri malah sepi-sepi saja. Tapi itu ya memang bukan salah Tokopedia Ads juga sih, mungkin faktor lainnya juga. Menurut Penulis Fitur Tokopedia Ads yang bagus memang berdasarkan pencarian keyword, jadi memang pengunjung ke Tokopedia memang untuk membeli dan mengetikkan barang yang dicarinya, nah barang yang kita iklankan akan muncul di posisi teratas (tergantung biaya per klik yang disetting, makin tinggi makain sering posisi dia atas berdasarkan keyword pencarian).


Penulis masih ingat pada saat awal-awal corona, penulis menjual Hand Sanitizer dan langsung menggunakan Tokopedia Ads (pakai biaya sendiri, promo tokopedia ads belum dotawarkan ke penulis, hehehe). hasilnya langsung ada yang beli, gak pake lama. Rasa-rasanya memang ada faktor keadaan yang mana memang barang yang sedang banyak dicari.


Saran penulis, sebelum melakukan iklan Tokopedia ads, ada baiknya mencari atau meriset dahulu barang yang akan diiklankan, kalau ternyata barang yang akan kita iklankan lagi menurun alias sepi peminat, akhirnya tidak laku, rugi pengeluaran biaya iklan. coba gunakan google trends dan Google keyword Planner. Ya sudah begitu saja ya...